Menebak Pikiran

Posted by

Permainan kali ini hanya membutuhkan kemampuan kita dalam operasi hitung dasar, seperti menjumlah, mengurangi, mengalikan maupun membagi. Dan operasi hitung yang sangat dasar itu sudah bisa kita manfaatkan untuk mengetahui apa yang di pikirkan oleh orang lain. Percaya atau tidak, Mari kita buktikan sendiri!
Sekarang, ikuti apa yang saya perintahkan berikut ini dan Anda juga bisa mempraktekkannya nanti kepada teman, kerabat, serta orang-orang terdekat Anda. Sekarang saya minta Anda memikirkan sebuah bilangan apa saja yang ada dipikiran Anda. Anda boleh memikirkan bilangan apapun, berapapun atau yang manapun terserah Anda, bebas. Sekarang kalikan bilangan yang Anda pikirkan tersebut dengan dua. Kemudian hasilnya di tambah dengan tiga belas. Setelah itu hasilnya kurangi dengan tiga. Lalu bagi hasilnya dengan dua, kemudian kurangi dengan bilangan yang Anda pikirkan tadi. Kalau hitungan Anda benar, pasti hasil akhirnya adalah angka lima, benar bukan?! Benar tidak tebakan saya?! :D. Ini bukan berarti saya hebat, Anda juga bisa kok melakukannya.
Begini Penjelasannya, saya tidak tahu bilangan yang Anda pikirkan tadi, maka saya misalkan saja bilangan yang Anda pikirkan adalah x. Nah, di dalam matematika sesuatu (dalam konteks ini bilangan) yang belum di ketahui nilainya ini sering di sebut dengan variabel seperti x, y, z atau sesuai dengan keinginan Anda. Pertama-tama bilangan yang Anda pikirkan tadi adalah x, kemudian di kalikan dengan dua sehingga hasilnya menjadi 2x. Setelah itu hasilnya di tambah dengan tiga belas yang hasilnya berubah menjadi 2x + 13. Lalu kurangi dengan tiga, maka hasilnya menjadi 2x + 13 – 3 = 2x + 10. Lalu di bagi dengan 2, sehingga di peroleh :

(2x + 10) / 2 = x + 5
Kurangi dengan bilangan yang dipikirkan tadi, dalam hal ini bilangan yang di pikirkan tadi adalah x, maka hasil akhir yang akan di peroleh adalah :
x + 5 – x = 5
Jadi, berapapun angka yang di pikirkan oleh Anda tadi hasil akhirnya adalah lima. Sederhana dan mudah bukan?
Anda pun bisa mengkreasikannya dengan berbagai macam permainan dengan menambahkan atau membuat beberapa operasi hitung baru, Sehingga di peroleh angka-angka yang istimewa seperti misalnya tanggal hari ini, tanggal ulang tahun teman, dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan.
Sumber


Blog, Updated at: 18.08
Diberdayakan oleh Blogger.