Segitiga Ajaib

Posted by

Segitiga ajaib merupakan susunan bilangan-bilangan tertentu dalam sebuah lingkaran yang membentuk segitiga seperti gambar berikut.
Tantangan kita di sini adalah mengisikan bilangan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9 pada lingkaran-lingkaran tersebut sedemikian sehingga jumlah bilangan pada masing-masing sisi segitiga tersebut sama. Menarik untuk dicoba bukan?
Bagi yang sudah terbiasa bermain dengan teka-teki segitiga ajaib tersebut pasti bukan hal yang sulit untuk menyelesaikannya. Tapi bagi Anda yang masih kesulitan untuk menentukan susunan bilangan-bilangan pada segitiga tersebut, saya akan membagi rahasianya pada Anda.
Misalnya kita menghendaki panjang masing-masing sisi segitiga tersebut 20. (mengapa 20jawabannya bisa Anda temukan setelah memahami seluruh tulisan ini).
Kita hitung jumlah sisi-sisi segitiga tersebut, yaitu 3 x 20 = 60.
Diketahui jumlah bilangan penyusun sisi-sisi segitiga tersebut 1 + 2 + 3 + ... + 9 = 45.
Kita cari selisih jumlah sisi-sisi segitiga dan jumlah bilangan penyusun, yaitu 60 – 45 = 15.
Selanjutnya kita cari 3 bilangan yang berjumlah 15 untuk diletakkan di lingkaran pada sudut-sudut segitiga, yaitu 4, 5, dan 6. (4 + 5 + 6 = 15)

Langkah akhir dari penyelesaian segitiga ajaib ini adalah memilih bilangan-bilangan yang tepat untuk diletakkan di lingkaran-lingkaran sisanya. Tentu saja jumlah bilangan pada masing-masing sisi harus 20. Untuk contoh seperti di bawah pada sisi yang paling kiri, jumlah bilangan pada 2 lingkaran di sudut segitiga adalah 4 + 5 = 9, sehingga untuk mendapatkan 23, masih diperlukan 11. Nah, nilai 11 tersebut kita ambilkan dari bilangan-bilangan penyusun, yaitu 2 dan 9.
dan inilah hasil akhirnya,
Bagaimana? Mudah bukan? Silahkan dicoba untuk ukuran sisi segitiga yang lain misalnya 17, 18, 23, atauukuran sisi yang lain. Bagaimana kesimpulan Anda tentang panjang sisi yang mungkin untuk menyelesaikan segitiga ajaib tersebut?


Blog, Updated at: 10.58
Diberdayakan oleh Blogger.